logo
add image
Blog single photo


INDESIA.ID - Pidato 27 September 2016 di Kepulauan Seribu membuat lelaki bernama Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok menuai reaksi publik yang akhirnya berujung pada kasus hukum. 

Video Gubernur Jakarta yang menyebut surat Al Maidah ayat 51 saat itu viral di media sosial. Tidak berlangsung lama video tersebut lantas memicu kemarahan ummat islam hingga muncul aksi besar 212. 

Nama Ahok dikenal hingga kepelosok Indonesia. Dari anak-anak hingga orang dewasa rasanya tidak ada yang tidak mengenal Ahok. Ahok begitu fenomenal.

Menjelang Pilpres 2019 suasana media sosial kerap heboh dengan isu politik. Saling tuding dan saling bela jagoan capres pun tak bisa dielakkan. Media memanfaatkan sebuah pertemuan Calon Presiden Prabowo dengan para tokoh Tionghoa. 

Entah karena kebetulan atau disengaja dalam kelompok pengusaha Tionghoa yang mengadakan gala dinner di Ballroom Sun City terdapat seorang pengusaha bernama Kasidi yang juga ternyata akrab disapa Ahok. Menariknya Ahok atau Kasidi merupakan penyumbang terbesar dari 15 pengusaha Tionghoa lainnya untuk tim pemenangan Prabowo-Sandi. 

Berita Ahok menyumbang untuk Prabowo menjadi viral dan diperbincangkan bahkan diperdebatkan dikalangan netizen. Bagi netizen yang malas membaca dan tidak membuka link berita menyangka Ahok yang menyumbang adalah Basuki Tjahaja Purnama dikarenakan sejumlah media menulis judul berita dengan menonjokanl nama Ahok sebagai penyumbang terbesar bagi pemenangan Prabowo-Sandi. 

Lain lagi kejadian di jalan Mayor, Lingkungan IX, Kelurahan Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat pada hari kamis (18/1/2018). Pria bernama Erick yang juga akrab disapa Ahok nekat bunuh diri. Ahok diduga bunuh diri karena stres. Sejumlah media menulis judul juga menggemparkan netizen. Seperti judul 'Ahok ditemukan tewas gantung diri' cukup membuat pembaca terkejut.

Nama Ahok benar-benar fenomenal dikalangan masyarakat Indonesia. Namun terlepas dari apapun nama dan peristiwa apapun, Indonesia merupakan negara luas nan multi etnis hidup didalamnya. Apapun berita harus disikapi secara bijak dan segala hoax harus ditolak.

Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok bagaimanapun adalah salah seorang anak bangsa. Bahkan kabarnya beliau akan kembali berpolitik setelah masa tahanan berakhir. Dan sikap itu diapresiasi oleh para politisi lainnya. 

Kasidi Alias Ahok juga tak kalah fenomenal. Dalam sekejap namanya langsung viral. Ia seakan secara tidak langsung ingin menegaskan bahwa warga Tionghoa juga banyak mendukung Prabowo-Sandi, termasuk dirinya yang bahkan juga bernama Ahok. 

Dan Erick Alias Ahok juga, semoga kedamaian selalu bersama dia. 


*Hasan Fuad (Penulis adalah pengamat media sosial) 


Top