logo
add image
Blog single photo

INDESIA.ID - Benda diduga bangkai badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Karawang, Jawa Barat ditemukan. Badan pesawat yang diyakini Lion Air JT 610 ditemukan oleh KRI Riigel dalam pencarian disekitaran Utara Karawang.Benda tersebut berukuran panjang 20 meter ditemukan di kedalaman 32 meter.

KRI Riigel 933 milik TNI Angkatan Laut tersebut menemukan setelah melakukan pencarian dengan menggunakan teknologi sonar.

Sebelumnya, pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang ini membawa 181 penumpang, terdiri dari 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak, dan 2 bayi dengan 2 pilot dan 5 FA (flight attendant). Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP itu dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S - 107 07.16 E.

Teknologi sonar yang digunakan TNI Angkatan Laut tersebut merupakan teknologi yang menggunakan navigasi suara dengan memanfaatkan gelombang akustik. Sonar adalah singkatan dari Sound Navigation and Ranging. Para nelayan juga banyak menggunakan sonar untuk melacak keberadaan ikan gerombolan ikan.

Teknologi sonar sebelumnya juga digunakan untuk pencarian Air France 447 yang jatuh di Samudera Atlantik tahun 2009 atau Adam Air 574 yang jatuh di perairan sekitar Sulawesi pada tahun 2007 lalu. [SD] 

Top