logo
add image
Blog single photo

Oleh : Nunisovic

Kita sekarang hidup di zaman dimana peradaban umat manusia dipegang oleh negara-negara Barat. Sehingga muncul sebuah pemikiran bahwa jika kita ingin maju ikutilah orang-orang Barat. Apa rahasia orang-orang Barat sehingga mereka maju seperti sekarang? Salah satu jawabannya adalah sekularisme. Memisahkan agama dari negara. Agama tidak boleh mengatur negara atau urusan dunia. Agama dipersempit perannya hanya untuk urusan ibadah dengan Tuhan.

Dulu, di Barat, negara dikuasai oleh pihak gereja. Pada masa itu siapa saja yang berbeda dengan gereja harus dieksekusi. Ilmuan-ilmuan yang penemuannya berbeda dengan gereja dibunuh. Pada masa itu dikenal dengan zaman kegelapan Eropa.

Hingga akhirnya kelompok anti gereja ini memberontak, sampai puncaknya adalah terjadi Revolusi Industri. Pihak gereja kalah. Setelah itu orang-orang Eropa mulai benci agama dan memisahkan agama dari negara. Agama tidak boleh lagi mengurusi negara. Itulah awal kebangkitan Eropa.

Sekarang banyak sekali orang-orang Islam yang silau dengan peradaban Barat menginginkan agar negara-negara Islam mengadopsi paham sekuler. Mereka tidak tahu bahwa karakter agama Islam sangat berbeda dengan Kristen. Kristen jika mereka tidak menerima paham sekulerisme mereka tidak akan maju, karena banyak sekali ajaran-ajarannya yang tidak sesuai lagi dengan zaman modern. Mereka terpaksa menerima paham sekuler agar Kristen tetap eksis.

Adapun Islam justru sebaliknya. Islam sama sekali tidak butuh sekulerisme. Islam justru akan runtuh jika menerima sekulerisme. Islam satu-satunya agama yang luar biasa dalam mengatur urusan negara. Jadi Islam justru akan hancur jika dia dipisahkan dengan negara. Dan sudah terbukti di zaman dulu Islam pernah berjaya beraba-abad lamanya ketika Islam menguasai politik dan negara.

Dan satu hal lagi yang perlu kita ingat, dalam Islam tidak pernah terjadi konflik antara agama dan sains, sebagaimana yang terjadi di Eropa pada zaman kegelapan. Sehingga jika ingin maju bangsa Eropa harus memisahkan urusan dunia mereka dari ajaran Kristen.


*Nunisovic adalah penulis inspiratif dan juga seorang novelis. Karyanya seperti The True dan lain bisa didapatkan ditoko-toko buku utama.

 

Top