logo
add image
Blog single photo


Oleh : Rahmat Mustafa*

Nurchalis adalah politisi yang sebelumnya malang melintang dalam dunia birokrat. Menjadi kepala biro pembangunan Aceh pada masa kepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah, Nurchalis terbilang masih muda dari yang lainnya. Karir Nurchalis dalam dunia birokrasi cukup mulus selain juga sebagai pengusaha muda dan sekaligus memimpin organisasi KNPI Aceh kala itu.

Nurchalis kali ini memutuskan untuk menjadi anggota DPR RI melalui partai Berkarya. Lalu apa daya tarik dan keunggulan Nurchalis sehingga layak dipilih menjadi anggota DPR RI? berikut alasannya! 

1. Muda, Cerdas dan Energik

Majunya Nurchalis mencalonkan diri sebagai Bupati Nagan Raya meninggalkan posisi strategisnya sebagai kepal biro pembangunan Aceh membuat sebagian orang bertanya-tanya, kenapa lelaki ramah itu rela mencalonkan diri menjadi Bupati Nagan Raya padahal sedang dalam jabatan strategis di provinsi. Pertanyaan ini terjawab saat Pilkada selesai dan masyarakat sendiri merasakannya. Itulah sebab kenapa  Nurchalis khawatir Nagan dipimpin oleh orang yang salah maka ia rela maju walaupun ia paling terakhir muncul untuk maju. Namun walaupu paling terakhir menyatakan maju, Nurchalis mencatat jumlah suara yang cukup lumayan dari 5 pasangan kandidat yang bertarung. Ini membuktikan Nurchalis punya kans kuat dimata masyarakat dengan sebutan "muda, cerdas dan energik" 

2. Semangat dan totalitas 

Nurchalis tidak pernah kehilangan semangat dan daya saing. Setelah selesai pilkada 2017 lalu Nurchalis langsung mendapatkan posisi strategis dalam partai Nasional besutan Tommy Soeharto yakni partai Berkarya sebagai wasekjend partai Berkarya Pusat. Nurchalis juga beberapa kali dipercaya memimpin agenda kepartaian tingkat Nasional dan juga mendirikan sayap utama partai sehingga ia punya koneksi di seluruh Nusantara dan aktif menjadi pembicara dihampir semua daerah di Indonesia. 

3. Pengusaha Muda 

Nurchalis punya jiwa wirausaha yang kuat. Terbukti ia punya beberapa usaha dijakarta dan Aceh. Nurchalis juga aktif membina generasi muda sejak ia mendapatkan posisi baik di Kabupaten Aceh Barat ataupun saat menjadi Kepala Biro pembangunan Aceh. Salah satu keinginan Nurchalis yang paling besar adalah bagaimana tercetak ribuan pengusaha muda di Aceh. Maka sejak dini ia mendirikan yayasan pemberdayaan masyarakat agar kelak ia bisa membawa program ekonomi pemerintah pusat ke Aceh. 

4. Supel, Ramah dan Humoris

Jika bertemu Nurchalis, anda pasti akan disapa terlebih dahulu apalagi jika anda menyapanya duluan. Nurchalis orang yang sangat supel. Ia pandai bergaul dan sangat bisa menyesuaikan diri. Ia menjadi sangat tua dan menghormati jika berada dikalangan orang tua dan akan terlihat seperti teman saat berada dikalangan muda. Nurchalis tidak pernah menjaga image hanya untuk dihargai. Bahkan untuk menjenguk korban banjir Nurchalis pernah menerobos banjir sampai kuyup padahal tidak ada satu kendaraan pun yang bisa melewati banjir namun Nurchalis dengan sigap bisa melewatinya. Nurchalis juga sangat humoris dan berbicara dengan siapapun tanpa memandang strata sosial. 

5. Akses Yang Luas

Nurchalis punya akses dan koneksi yang kuat diperintahkan baik lokal maupun nasional. Sikapnya yang supel membuatnya mudah untuk bergaul dengan siapapun. Sejatinya masyarakat Aceh membutuhkan orang seperti Nurchalis. Sebab untuk bisa menang bersaing ditingkat pusat dibutuhkan orang yang punya kapasitas dan koneksi yang kuat seperti Nurchalis. 


*Penulis adalah Pegiat di RUMAH ASPIRASI RAKYAT (RASPIRAT) 




Top